Apa itu Neonbox ?

Kali ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai neonbox, karena banyak yang belum mengerti apa itu neonbox, apa bahannya, kok mahal harganya. Neonbox merupakan media publikasi yang memiliki ruang atau lebar (Box) untuk menempatkan lampu didalamnya karena kalau dibilang kotak ternyata banyak modelnya yang tidak berbentuk kotak sehingga sayapun bingung mendefinisikannya. Intinya bahwa neonbox itu lampunya didalam kotak (box) reklamenya. Dari segi arah pandang / arah melihatnya pada umumnya ada model 1 sisi dan 2 sisi, namun sekarang ini orang semakin kreatif sampai membuat 4 pandangan dari segala arah atau model bulat dan lainnya.

Rangka. rangka neonbox pada umumnya dibuat dari besi hollow / besi kotak mulai ukuran 2x2cm untuk neonbox 1x1M kebawah, atau hollow 3x3cm untuk neonbox diatas 1x1M dan hollow 4x4cm untuk ukuran yang lebih besar. Karena hal ini berpengaruh terhadap kekuatan dan keringanan neonbox itu sendiri. Untuk neonbox yang posisinya digantung/menempel pada tiang, kekuatan dan berat rangka harus benar benar diperhitungkan sehingga tidak saja kita memakai bahan yang kuat dan besar tapi harus menyeimbangkan dengan kekuatan tiang dari penyangga neonbox tersebut. Misal kalau neonbox ukuran 1x1M saya biasanya memberikan tiang diameter 3 dim medium, dan neonbox 1x2M biasanya menggunakan tiang ukuran 4 dim medium.

Lampu. Lampu neonbox akan berpengaruh pada nyala terang yang dihasilkan dan beban listrik yang dibutuhkan. Lampu neonbox biasanya menggunakan lampu TL 18 watt / 36 watt. Sekarang ini sudah banyak yang menggunakan lampu LED sebagai pengganti lampu TL karena ukurannya lebih tipis dan lebih irit listrik. Hal ini juga berpengaruh pada lebar atau ketebalan neonbox yang bisa dibuat menjadi lebih tipis. Penggunaan jumlah lampu pada neonbox sering tidak diketahui oleh konsumen, dimana semakin banyak jumlah lampunya maka neonbox akan semakin terang cahayanya, listriknya semakin mahal dan biaya produksinya juga semakin mahal. Banyak yang minta neonboxnya supaya terang tapi listriknya biar tidak mahal … dubrakkk capedehhh. Satu lagi yang perlu diperhatikan oleh para konsumen bahwa banyak kita lihat neonbox itu cahayanya belang belang atau bergaris. Hal ini disebabkan oleh penggunaan lampu yang kurang jumlahnya dan lebar dari rangka neonbox itu juga kurang lebar. Makanya kalau minta Neonbox yang murah biasanya pasti jumlah lampu neonbox itu sedikit disamping juga komponen lainnya yang berpengaruh seperti jenis visual dan jenis frame.

Frame. Frame atau cover pinggir atau ada yang menyebutnya list pinggir. Saya biasa menyebutnya frame, dan ada beberapa jenis tergantung keinginan konsumen. Sesuai yang saya ketahui frame itu ada dari bahan plat aluminium kemudian diisi list siku aluminium (sering dipakai umum), frame tekuk yang terbuat plat aluminium dan plat stainless, frame plastik yang biasanya tersedia berbagai ukuran lebar, frame acrilyc. Dan saya pernah buat neonbox yang framenya terbuat dari kayu karena permintaan konsumen seperti demikian, sehingga frame itu tergantung kreatifitas kita sesuai kebutuhan. Seperti saya jelaskan diatas jenis frame akan berpengaruh terhadap harga neonbox itu sendiri karena frame itu juga berbeda beda harganya.

Visual. Visual neonbox umumnya terbuat dari bahan flexy backlite dan acrilyc. Untuk bahan flexy backlite ini juga ada yang single side dan double side. Bedanya adalah pada sisi printingnya dimana yang single side itu diprintnya pada satu sisi luarnya saja, sedangkan yang double side diprint pada kedua sisinya. Pengaruhnya akan terlihat pada saat neonbox itu dinyalakan, yang double side warnanya akan lebih jelas dibangdingkan yang single side. Untuk kekuatan bahannya bisa dilihat pada ketebalan bahannya misal BL 340gr, BL360gr, dll. Dan yang banyak dikomplin konsumen itu adalah kekuatan tinta dari printing itu sendiri, akan terlihat setelah neonbox dipasang diluar lebih dari 6 bulan karena warnanya mulai meredup. Dan ini jelas karena kualitas tinta printing itu. Gimana cara tahu kualitas tinta yang bagus ….? jangan tanya saya, karena susah jelasinnya. Yang jelas tinta yang mahal dan original itu yang bagus hehehe..(asal jawabnya). Visual dari bahan acrilyc itu umunya lebih mahal karena selain bahan acrilycnya mahal, kita juga perlu menambahkan stiker / dicat / disablon diatasnya sesuai desain yang kita inginkan. Misalnya untuk desain yang full colour tentunya harus menggunakan stiker digital printing, untuk desain satu warna / dua warna atau lebih yang tidak separasi bisa juga menggunakan stiker cutting karena ketahanan warnanya bagus. Kreasikan keinginan kamu pada visualnya dengan pemilihan bahan dan jenis visual yang pas sesuai selera. Dan tentunya pemilihan visual ini juga yang bikin neonbox itu Muahal harganya.

So.., bagi sobat yang mau membuat neonbox atau membeli neonbox perlu diperhatikan hal hal diatas dan sesuaikan dengan kebutuhan, keinginan dan pendanaan tentunya. Semoga sedikit penjelasan diatas bisa bermanfaat dan kalau ada pertanyaan seputaran neonbox bisa dishare disini. Dan kalau ada yang mau menambahkan juga boleh, Ok.

Salam berbagi,

 

Share Button