4 Tips Strategi Promosi Melalui Suvenir Logo

  • 01 Juni 2019
  • 06:00
  • Advertising

Souvenir promosi selalu dipandang sebagai sebuah kewajiban untuk acara pembukaan atau sponsorship. Namun pembuatan suvenir ini harusnya tak hanya sekedar bagi-bagi saja tapi dimaksimalkan dalam strategi marketing Anda secara keseluruhan. 

Melalui suvenir promosi ini, Anda dapat menunjukkan kepribadian brand Anda, memperkuat pesan brand, serta 'connect' kepada customer Anda untuk menggali apa yang mereka butuhkan. 

Sebuah studi di tahun 2014 yang dilakukan oleh Advertising Speciality Institute menemukan bahwa produk-produk promosi memberikan daya ingat iklan pada angka 85 persen dari konsumen yang disurvei.

Namun, untuk mencapai hasil optimal dengan barang dagangan bermerek Anda, penting untuk memiliki strategi yang disesuaikan dengan kebutuhan target pelanggan Anda. 

Berikut adalah 4 tips menggunakan suvenir promosi secara efektif:

1. Gunakan Barang Yang Pasti Bermanfaat

Barang yang paling populer untuk pameran dagang dan konferensi adalah produk lifestyle yang memang terpakai seperti Pakaian olahraga, powerbank, charger, tas dan tas "pintar", perlengkapan minum, barang kesehatan untuk travelling. 

2. Menerapkan Strategi Yang Efektif

Gunakan barang yang unik, kreatif, menyenangkan, bersifat lifestyle untuk membantu memperkuat pesan dalam persepsi penerima bahwa  "produk ini membuat saya seperti artis A atau karakter B".

Kerjasama-branding dengan produk-produk terkenal, terutama yang populer di kalangan pelanggan Anda, adalah strategi yang bagus  karena afiliasi dapat menancapkan image merek yang kuat dan filosofi yang diusung.

3. Maksimalkan ROI. 

Apa yang ingin Anda capai di toko, rekanan penjualan atau bahkan internal dengan membuat barang promosi? Bagaimana ini akan membantu dalam mendeliver apa yang brand Anda mau?

Mengajukan pertanyaan akan membantu Anda mengevaluasi biaya dan merencanakan strategi yang paling efektif untuk mencapai hasil yang Anda inginkan.

Semakin banyak produk promosi berhubungan dengan konsumen sasaran, bahkan jika konsumen tersebut adalah basis rekanan internal Anda, semakin tinggi kemungkinan resonansi merek, peningkatan produktivitas serta efektivitas barang promosi tersebut.

4. Manfaatkan Pemesanan Otomatis

Pemesanan otomatis pada intinya menghemat waktu untuk produksi, karena pelanggan sudah mengetahui terlebih dahulu berbagai contoh suvenir, atau mereka punya desain sendiri. Waktu proses produksi tentu saja menyingkat waktu transaksi dimana secara tidak langsung menjadikan resource perusahaan lebih optimal. Jika dalam seminggu pemesanan manual hanya menghasilkan 3 transaksi, mungkin dengan mengotomatiskan proses ini kapasitas order naik 2 kali lipat.

Produk promosi melibatkan konsumen dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh pemasaran tradisional. Mereka menciptakan paparan jangka panjang dengan terus digunakannya produk oleh konsumen. Contoh nyata adalah MUG promosi. Sepanjang mug tersebut dipakai minum, maka brand Anda akan terlihat selama bertahun-tahun lamanya.

Dengan menggunakan tips di atas dan menciptakan strategi yang efektif, penggunaan suvenir promosi akan menciptakan resonansi merek Anda dengan konsumen dan berdampak positif pada keuntungan Anda.


Hubungi Kami

Hubungi kami dan mari kita buat sesuatu yang hebat bersama. Mari kita ubah ide Anda menjadi produk yang lebih besar

info@balikitakita.com HP/WA : 081237541661 | 081338702881

Dimana Anda Bisa Menemukan Kami?

Jl. Sahadewa No.1, Lingk. Anyar Kaja, Kerobokan, Kuta Utara - Badung - Bali

Ikuti Kami